Cara Menggunakan Kuota 4G di Jaringan 3G




Anda perlu memperhatikan apakah daerah tempat Anda tinggal sudah mendukung sinyal 4G? Karena jika daerah tempat Anda tinggal belum mendukung sinyal 4G maka tips berikut tidak akan bisa Anda praktekkan.

Berikut tips menggunakan kuota 4G di Handphone 3G :

1. Mengubah Pengaturan Jaringan Seluler

Pertama Anda pilih menu jaringan seluler dalam pengaturan Handphone Anda. Bila Handphone dual sim biasanya jaringan 4G terletak pada slot sim card pertama. Namun ada juga sebagian yang terletak pada slot sim card kedua. Pilih menu jaringan, pilih preferensi/ preferred network type, lalu pilih mode 2G/3G/4G.


2. Mengubah Pengaturan Wireless

Ubah pengaturan pada menu wireless and network. Sama seperti sebelumnya, pertama Anda harus berada pada menu pengaturan di Handphone Anda.
Klik wireless and network pada pengaturan. Pilih menu more setting, pilih mobile network. Setelah itu Anda pilih network mode. Kemudian berilah tanda centang pada WCDMA Preffered/WCDMA Only, ubah menu jaringan menjadi 4G LTE.


3. Menggunakan WiFi

Gunakan WiFi sebagai media pengubah jaringan. Masukkan kartu simcard pada modem lalu sambungkan ke laptop. Diperlukan aplikasi tambahan untuk menjadikan laptop sebagai hotspot.



4. Menggunakan Mifi

Mifi berfungsi sebagai WiFi Router yang fisik lebih kecil dari WiFi dan dilengkapi dengan baterai sehingga sifatnya portable.


5. Menggunakan Aplikasi Pengubah Jaringan

Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk menggunakan kuota 4G pada Handphone 3G Anda. Aplikasi ini dapat di-download dari App Store seperti 4G LTE Switch, 3G to 4G Converter 2017, dan lainnya.


6. Menggunakan Aplikasi Pembantu Jaringan

Aplikasi pembantu jaringan yang berfungsi sebagi alternatif diantaranya : Connection Stabilizer Booster, S HSPA + Tweaker (3G pendorong), Dual Sim Control (free), 3G to 4G Speedup SIM, Penguat Sinyal Jaringan, dan lain-lain.


7. Menggunakan Kode Rahasia

Cara berikutnya yang bisa menjadi cara menggunakan kuota 4G pada Handphone 3G adalah dengan menggunakan kode. Pertama masuk ke aplikasi telepon kemudian ketik *#0011#. Setelah itu Anda akan masuk ke service mod. Pada bagian ini klik tombol menu lalu klik key input, masukkan huruf ‘Q’ dengan huruf kapital tanpa tanda kutip. Kemudian pilih kembali/back, memasukkan valey “0000”.
Langkah berikutnya adalah masuk ke menu jaringan kemudian pilih CDMA, pilih jaringan 4G LTE. Perlu diperhatikan untuk merubah jaringan ini, maka Anda perlu memilih authomatic. Kemudian tunggu sampai jaringan berubah.

Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa mencoba cara-cara diatas untuk dapat menggunakan kuota 4G pada Handphone 3G Anda. Semoga tips-tips ini bisa menjadi cara menggunakan kuota 4G di Handphone 3G Anda.



Semoga cara diatas salah satunya bisa berhasil Anda praktekkan.

Leave a Reply